Software Defined Network (SDN) Teknologi Jaringan Terbaru

Topologi Software Defined Network (SDN)
Dunia telekomunikasi pada saat ini tidak pernah diam untuk berkembang. Dalam ruang teknologi bermacam inovasi dan penemuan yang konstan merupakan kunci dari kelangsungan dan perkembangan penyedia solusi dalam bidang keamanan jaringan. Saat ini berkembang gagasan baru dalam inovasi jaringan komputer yang merubah paradigma dalam pengelolaan jaringan  komputer.
Software-defined network (SDN) adalah sebuah konsep baru pendekatan baru untuk mendesain, membangun, dan mengelola jaringan komputer dengan memisahkan control plane dan data plane yang terintegrasi dalam jaringan komputer [1]
Jaringan konvensional pada saat ini non-SDN, perangkat keras jaringan dan konfigurasi (router dan switch) selama ini berada di bawah kendala vendor - vendor perusahaan yang memproduksi perangkat tersebut. Perusahaan saat ini hanya sebagai pendesain jaringan yang akan di buat sehingga administrator jaringan tidak bisa melakukan percobaan langsung yang akan mereka implementasikan ke dalam sebuah sistem yang sudah berjalan, administrator jaringan hanya di perbolehkan melakukan percobaan dan pengujian dalam bentuk simulasi.
Dengan menggunakan SDN berbasis OpenFlow, maka perangkat lunak (firmware) dapat secara langsung melihat topologi jaringan dengan menggunakan remote sehingga dapat di akses dari jarak jauh. OpenFlow dapat mengakses dan memanipulasi secara langsung forwading plane (data plane) dan pengaturan quality of service (QoS) tanpa melakukan konfigurasi di perangkat – perangkat jaringan tersebut, baik secara fisik maupun virtual.




[1] Mayur Channegowda, et.al., Software-Defined Optical Networks Technology and Infrastructure: Enabling Software-Defined Optical Network Operations (Amerika, Journal of Optical Communications and Networking, 2013), A274.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.