Software Defined Network (SDN) Overview

Software-Defined Networking (SDN) adalah sebuah konsep atau paradigma baru dalam mendesain, mengelola, dan mengimplementasikan jaringan, terutama untuk mendukung kebutuhan dan inovasi di bidang ini yang semakin lama semakin kompleks. Konsep dasar SDN adalah melakukan pemisahan antara control dan forwadding plane, sehingga network control tersebut menjadi directly programmable (dapat diprogram secara langsung), sedangkan infrastruktur yang mendasarinya dapat diabstraksikan untuk layer aplikasi dan network services.
Beberapa aspek penting dari SDN adalah :
1.      Adanya pemisahan secara fisik/eksplisit antara forwarding/data-plane dan control-plane
2.      Antarmuka standard (vendor-agnosic) untuk memprogram perangkat jaringan
3.      Control-plane yang terpusat (secara logika) atau adanya sistem operasi jaringan yang mampu membentuk peta logika (logical map) dari seluruh jaringan dan kemudian memrepresentasikannya melalui (sejenis) API (Application Programming Interface)
4.   Virtualisasi dimana beberapa sistem operasi jaringan dapat mengkontrol bagian-bagian (slices atau substrates) dari perangkat yang sama.

Arsitektur SDN terdiri dari tiga layer yaitu sebagai berikut, seperti tampak pada Gambar dibawah :
Arsitektur SDN
1.      Application Plane
Application plane berada pada lapisan teratas, berupa aplikasi yang dapat secara langsung dan eksplisit mendefinisikan Networks requirement dan Networks behavior yang diinginkan. Layer ini berkomunikasi dengan control layer melalui North Bound Interface (NBI).
2.      Controller Plane
Controller Plane adalah sebuah proses entitas kontrol yang memiliki tugas yaitu mentranslasikan network requirement yang telah didefinisikan oleh Application Layer menjadi instruksi-instruksi yang sesuai untuk Infrastructure Layer, dan memberikan abstract view yang dibutuhkan bagi Application Layer. Abstract view meliputi informasi statistik dan event yang terjadi di dalam jaringan
3.      Data Plane
 Data Plane terdiri dari elemen jaringan yang dapat menerima instruksi dari Control Layer. Interface antara Controller Plane dan Data Plane disebut South Bound Interface (SBI), atau Control-To-Data-Plane Interface (CDPI).

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.